Kamis, 01 April 2010

Peter Pan:The Boy Who Wouldn't Grow Up

Peter Pan: or, The Boy Who Wouldn't Grow Up (1904)adalah judul penulis drama dan novelis Skotlandia JM Barrie bermain paling terkenal, dan Peter dan Wendy (1911) adalah judul novelisation Barrie tentang itu. Kedua menceritakan kisah tentang Peter Pan, seorang anak kecil nakal yang bisa terbang, dan petualangannya di pulau Neverland dengan Wendy Darling dan saudara-saudaranya, peri Tinker Bell, Lost Boys, sang putri India Tiger Lily, dan Kapten bajak laut Hook. Drama dan novel berdua terinspirasi oleh persahabatan Barrie dengan keluarga Llewelyn Davies. Novel ini berikut bermain dengan cermat, namun juga memuat bab terakhir bukan bagian dari permainan aslinya.

Drama debutnya di London pada 27 Desember 1904 dengan Nina Boucicault, putri dramawan Dion Boucicault, dalam peran judul. Sebuah produksi Broadway dipasang pada tahun 1905 dibintangi oleh Maude Adams. Ia kemudian dihidupkan kembali dengan aktris seperti Marilyn Miller dan Eva Le Gallienne, dan dibuat menjadi film bisu tahun 1924. bermain telah sejak melihat adaptasi sebagai panggung musik, khusus televisi, dan dua film suara - satu sebuah animasi Disney 1953 fitur lengkap, dan satu produksi 2003 Inggris dengan efek khusus negara-of-the-art. bermain ini dilakukan setiap tahun dalam bentuk aslinya di atas panggung di Britania Raya. Di Amerika Serikat, musik versi 1954, yang menjadi populer di televisi, biasanya bertahap telah hidup sejak tahun 1950-an, bukan versi asli. (Ada beberapa US stagings dari versi asli sebelum tahun 1950-an.)
Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1911 oleh Hodder & Stoughton di Britania Raya dan Charles Scribner's Sons di Amerika Serikat. Buku asli berisi gambar muka dan piring 11 setengah-nada oleh artis FD Bedford (ilustrasi yang masih dalam hak cipta di Uni Eropa). Novel ini pertama kali dipersingkat oleh Byron Mei tahun 1915, dengan izin Barrie, dan diterbitkan dengan judul Peter Pan dan Wendy, pertama kali digunakan formulir ini. Versi ini kemudian diilustrasikan oleh Mabel Lucie Attwell tahun 1921. Novel ini sekarang biasanya diterbitkan dengan judul yang atau hanya Peter Pan. Naskah drama, yang Barrie telah terus merevisi sejak kinerja pertama, diterbitkan pada tahun 1928. Pada tahun 1929, Barrie memberikan hak cipta dari Peter Pan bekerja untuk Great Ormond Street Hospital, sebuah rumah sakit anak-anak di London

0 komentar:

 
My Adventure in Dreamworld Blogger Template by Ipietoon Blogger Template